Thursday, May 27, 2010

Stephanie Handoyo Unjuk Kemahirannya Memainkan Piano dengan Membawakan Musik Klasik

Stephanie Handoyo (17) memperlihatkan kemahirannya memainkan piano pada acara Aktualisasi Diri Keberbakatan Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di Duta Pertiwi Mall, Kota Semarang, Kamis (19/3/2009).

Unjuk kemahirannya memainkan piano dengan membawakan musik klasik disaksikan oleh Walikota Semarang Sukawi Sutarip, peserta Workshop Sentra Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) se Indonesia, para anggota asosiasi keterampilan, pejabat Direktorat PSLB Depdiknas, pejabat dinas pendidikana Kota Semarang, dan beberapa seniman senior ibukota seperti aktor Didi Petet, model Keke Harun, dan penari Nungki Kusumastuti.

Melalui perlihatkan penuh dan semangat yang penuh dari orangtuanya dan sekolah, siswa ABK dapat memperlihatkan kemampuan yang sama seperti siswa normal, bahkan dapat melebihi.

Sang mama mengatakan, anak-anak seperti Stephanie perlu ruang aktualisasi diri, agar lebih terarah. "Terkadang orangtua kurang paham bahwa mereka (anak difabel) juga memerlukan wadah aktualisasi diri, dan dari situ kita dapat melihat keberbakatan anak dan minat mereka," kata M. Yustina Tjandrasari.

Selain piano Stephanie juga dapat berenang. Ia pun mengikuti sejumlah kompetisi bersama tim SOIna (Special Olympids Indonesia). SOIna merupakan organisasi berakreditasi menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga penyandang Tunagrahita di Indonesia. Beberapa anak yang tergabung dalam SOIna telah berhasil mengukir prestasi ditingkat internasional.

Salah satunya yang berprestasi adalah Stephanie yang menyabet Juara 1 kompetisi renang gaya dada 50 meter pada National Swimming Championship 2008 di Singapura, lalu Juara 2 kompetisi renang gaya dada 100 meter di Kejurnas SOIna 2005, Juara 2 kompetisi renang gaya bebas 100 meter di Kejurnas SOIna 2006, dan Juara 1 kompetisi renang gaya dada 50 meter di Kejurda SOIna 2007.

Pada 28 Maret 2009, Stephanie akan mengikuti kompetisi renang National Swimming Championship 2009 di Singapora, dan 4 Juli 2009 akan mengikuti Special Olympids di Singapura. ***

Sumber: KOMPAS

No comments: